Penyebab Mobil Susah Di Starter
Memang
sebuah hal yang sangat menyebalkan dan membuat pusing kepala ketika tiba-tiba
mobil mogok dan susah di starter, padahal sebelumnya lancar-lancar saja saat
mesin di starter dan tidak menunjukkan gejala yang aneh pada mobil. Ini
sebenarnya bukan sebuah hal yang aneh, karena memang kelistrikan mobil dapat
mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan
tanda-tanda akan mengalami kerusakan. Terlebih jika pemilik mobil tidak rajin
merawat kondisi mobil..ya wajar saja bila tiba-tiba mobilnya mogok ditengah
jalan.
Jika
timbul pertanyaan, 'kenapa tiba-tiba mobil saya bisa sulit di starter ya?..',
sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa karena
faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan
komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks. Mungkin juga SO mania pernah
mengalami hal seperti ini, jadi disini SO akan membantu menjabarkan apa saja
yang sebenarnya bisa membuat mobil mengalami hal seperti itu.
Aki (Accu)
: sumber utama kelistrikan
Kelistrikan
Untuk yang disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem kelistrikan, dapat
terdeteksi jika saat distarter tidak menunjukkan adanya arus listrik tersambung
atau mengalir yang bisa terdengar dari bunyi starter dari dinamo, seperti
terdengar suara dinamo starter lemah dan mengayun atau bahkan tidak ada
respon suara dinamo sama sekali, namun biasanya bila mobil didorong, mesin
masih dapat menyala. Akan tetapi perlu diingat juga tidak semua mobil
diperbolehkan untuk didorong untuk mengatasi mogok.
Untuk masalah kelistrikan umumnya bisa dilihat atau di cek pada beberapa
bagian, yaitu bagian :
- Aki
(Accu) :
Karena merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang sangat
mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, bagian ini yang
harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada masalah
suplai arus listrik. Kalau aki (accu) mobil sudah terlihat kurang cairan
dan umur aki sudah lebih dari 2 tahun juga bisa menyebabkan aki tekor
dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter mesin mobil. Periksa juga
kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan soket
kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu.
- Kabel
Sikring Utama : Tentunya kerusakan bagian ini sangat
berkaitan terhadap masalah starter mobil. Cek kondisi kabel sikring
utama pada mobil yang terletak dekat accu pada kutub positifnya, jika
putus ganti sikring dengan yang baru.
- Socket
dan Kunci Kontak : Kendornya socket yang menyambungkan kunci
kontak bisa menjadi biang keladi mobil tidak bisa menyala, tandanya
adalah jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar adanya dynamo
starter yang bergerak, cek terlebih dahulu socket kunci kontak sebelum
melihat kondisi aki. Rusaknya kunci kontak juga bisa menyebabkan mobil
tidak bisa di starter.
- Dynamo
Starter : Bila dynamo starter rusak biasanya saat
kunci kontak diputar hanya terdengar bunyi ck..ck. Segera perbaiki atau
diganti dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo
starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun
hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran
mesin.
- Alternator
/ Dynamo Ampere : Pengisian alternator yang sudah kurang baik juga
dapat menjadi salah satu penyebab mobil jadi susah di starter, karena
dapat menyebabkan aki cepat drop atau tekor. Terlebih buat yang banyak
memakai aksesoris elektronik / audio yang sangat banyak memakan arus,
kelayakan kerja alternator harus diperhatikan, jika memang tidak sesuai
lagi segera ganti dengan yang berdaya lebih besar.
- Cek
Kondisi dan Jalur Kabel-Kabel : Keadaan atau kondisi kabel
elektrikal pada mobil yang sudah mengeras memperbesar kemungkinan kabel
ataupun serat kabel didalamnya mudah putus sehingga dapat menjadi
penyebabnya mobil tidak bisa menyala. Membenahi jalur kabel-kabel pada
mobil, terutama untuk mobil lawas yang kelistrikannya sering bermasalah
dan sudah lebih dari 10 tahun sangat disarankan. Serahkan pengerjaan
pada bengkel yang ahli dalam membenahi perkabelan / urut kabel.
Mesin
Mesin
Sedangkan bila disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen pada mesin,
biasanya ditandai dengan starter dan arus kelistrikan yang sangat baik namun
tetap tidak mampu menyalakan mesin, dan biasanya bila mobil didorong tetap
saja mesin tidak dapat menyala.
Jika SO mania mengalami masalah susah starter mobil karena ada kerusakan
bagian mesin, ini bisa disebabkan adanya kerusakan pada beberapa bagian
mesin, yaitu :
- Platina :
Untuk mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan atau setelan
platina yang tidak tepat akan menyebabkan mobil susah menyala saat di
starter.
- Karburator :
Jika mobil masih menggunakan karburator untuk menyuplai bensin ke ruang
pembakaran, karburator yang kotor dan setingan angin yang tidak tepat
akan membuat mobil mesin mobil sulit menyala. Karena ini akan membuat
pembakaran tidak berjalan baik.
- Pompa
Bensin : Tidak berfungsinya pompa bensin sudah pasti
akan menyebabkan mobil mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan karena
aliran bensin ke karburator tidak berjalan.
- Busi,
Kabel Busi, Koil : Ketiga komponen ini berhubungan dengan pengapian
pada mesin, jadi jika salah satu diantaranya mengalami kerusakan maka
dapat dipastikan mesin akan sulit dinyalakan atau bahkan sama sekali
tidak dapat menyala.
- Bushing
CDI :
Bushing CDI adalah dudukan pulser atau magnet CDI. Kerusakan pada bagian
ini juga salah satu penyebab susah starter, karena bila goyang dapat
merubah posisi pulser yang berpengaruh pada timing pengapian dan putaran
mesin dan memang harus dicek oleh bengkel yang ahli, karena jika tidak
maka bisa-bisa salah mendeteksi sehingga yang dibilang rusak adalah
CDI-nya itu sendiri.
- CDI :
CDI yang sudah mulai melemah komponennya pasti akan menyebabkan mobil
tidak bisa di starter, karena tugasnya dalam mengatur pengapian dengan
putaran mesin dapat terganggu. Faktor usia pemakaian juga bisa menjadi
penyebab rusaknya CDI.
Sebenarnya
diluar dari yang disebutkan dalam artikel ini, masih banyak faktor lainnya
yang menyebabkan mobil mogok dan susah untuk di starter kembali. Untuk
meminimalkan resiko mobil mogok sebenarnya bisa dilakukan dengan rajin melakukan
perawatan berkala / tune up secara menyeluruh ke bengkel resmi dan memiliki
kredibilitas baik.
|
0 komentar:
Posting Komentar